[BOOK REVIEW] 7 Habits of Highly Effective People

Judul Buku: 7 Habits of Highly Effective People
Penulis: Stephen R. Covey
Penerbit: Binarupa Aksara
Halaman: 480
Cetakan: Desember 2015

Sebuah buku yang menjelaskan kebiasaan-kebiasaan orang yang efektif. Kebiasaan-kebiasaan tersebut juga dilengkapi dengan contoh sehari-hari sehingga lebih mudah dimengerti. Yuk tonton video reviewnya.

[BOOK REVIEW] Notes From Qatar

Judul Buku: Notes From Qatar
Penulis: Muhammad Assad
Penerbit: PT Elex Media Komputindo
Halaman: 312
Cetakan: Enam, Juli 2011

Kebetulan dapet rekomendasi buku bagus dari temen. Katanya sih itu buku non fiksi pertama yang dia baca dan bisa membuat dia langsung tertarik untuk baca kelanjutan seri bukunya dan buku non fiksi lainnya. 

Judulnya “Notes From Qatar” karya Muhammad Assad. Buku ini ada tiga seri dan pas liat seri pertamanya itu tahun 2011. Udah lumayan lama sih ya sekitar delapan tahun lalu. Tapi nggak apa-apa yu kita coba aja baca. Toh nggak ada ruginya. 

Karena udah niat, langsung buka browser dan masuk ke website perpustakaan kantor. Eh ternyata ada. Oke saya mau pinjem deh. Langsung meluncur ke perpustakaan dan baca bab pertama di perpustakaan sebelum di pinjem untuk memastikan buku ini bener-bener menarik apa nggak. 

Jadi buku ini bercerita tentang seorang pemuda bernama Muhammad Assad yang mendapat beasiswa ke Qatar dari Qatar Foundation. Buku ini merupakan kumpulan artikel dari blognya. Artikel pertama menarik juga. Oke deh langsung aja pinjem buat diterusin baca dirumah. 

Read more

Persaaan Membuncah Dihari Pertama Sekolah

Senyum indah tersungging di wajahnya.
Menambah kesan cantiknya.
Ini yang namanya anak Ayah.
Semoga kamu menjadi anak Sholehah.

Dia berlari-lari di tengah rumah. Riang nian kelakukannya hari ini. Senin, 15 Juli 2019 adalah hari pertamanya sekolah. Seragam sekolah berwarna hijau menutupi tubuhnya yang mungil dan lucu. Dilengkapi dengan jas almamater ala anak kuliah, dasi kupu-kupu ala pelayan di restoran, dan topi bulat ala anak pramuka.  

Hari ini Adinda resmi menjadi siswi TK B di sebuah sekolah di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Tak tertahan dan tak dapat dikatakan bahagia hati Adinda hari itu. Amunisi di dalam tas nya pun sudah penuh dan komplit. Penuh dengan makanan bekal. Misting warna kuningnya diisi sama roti tawar dilapisi selai strawberry. Botol minum bergambar little pony sudah terisi penuh dengan air minum. 

Read more

[BOOK REVIEW] Negeri Di Ujung Tanduk

Judul Buku: Negeri di Ujung Tanduk
Penulis: Tere Liye
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 360
Cetakan: Pertama, April 2013

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Tere Liye sebelumnya yang berjudul Negeri pada Bedebah. Jika pada buku sebelumnya penulis menceritakan tentang konflik di balik penyelamatan suatu bank di Indonesia, saat ini dia menceritakan konflik di balik penentuan calon presiden oleh suatu partai.

Thomas, tokoh utama dalam buku ini dan buku sebelumnya tetap menjadi fokus. Kejadian yang diceritakan oleh penulis dalam buku ini berjalan setahun setelah kasus penyelamatan bank yang diceritakan di buku sebelumnya selesai.

Hobi Thomas yang sempat diceritakan di buku sebelumnya, yaitu olahraga tarung bebas tetap dilaksanakan. Pada awal buku diceritakan bahwa Thomas sedang melakukan olahraga tarung bebas dengan juara bertahan di Hong Kong bernama Lee yang ternyata merupakan cucu kawan lama Opa nya Thomas. Opa Thomas pernah menyelamatkan kakeknya Lee saat bersama-sama merantau menaiki kapal ke Indonesia.

Read more

[BOOK REVIEW] Negeri Para Bedebah

Judul Buku: Negeri Para Bedebah
Penulis: Tere Liye
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Halaman: 440 halaman
Cetakan: Pertama, Juli 2012

Buku ini menceritakan tentang Thomas, seorang pemuda yang memiliki hobi olahraga tarung bebas. Dia berasal dari keluarga pengusaha mulai dari Opa nya, orang tuanya, hingga om nya. Namun bisa dibilang dia hidup sendiri karena orang tuanya telah meninggal sewaktu dia masih kecil. Sebenarnya dia masih memiliki Opa dan Om yang sering dipanggil Om Liem, namun mereka tidak begitu dekat.

Inti cerita dari buku ini adalah tentang upaya penyelamatan sebuah bank swasta di Indonesia yang terancam ditutup. Bank Semesta, salah satu bank swasta milik keluarga Thomas terancam ditutup. Setelah diselidiki, rupanya penutupan bank tersebut tidak lepas dari oknum-oknum yang ingin menguasai konglomerasi keluarga Thomas.

Read more

[BOOK REVIEW] R – Raja, Ratu, & Rahasia

Judul Buku: R (Raja, Ratu, & Rahasia)
Penulis: Wulanfadi
Penerbit: Best Media
Jumlah Halaman: 388 Halaman
Cetakan: Pertama, April 2016

Menceritakan seorang Ratu, maksudnya seorang gadis bernama Ratu yang masih duduk di bangku SMA. Orang tuanya telah meninggal beberapa bulan yang lalu. Saat ini dia hanya tinggal bersama kakaknya bernama Reon.

Salah satu orang yang dekat dengannya adalah Raja, kakak kelasnya yang kebetulan anak pemilik sekolah tersebut. Orang tua Ratu merupakan rekan terdekat dari orang tua Raja sehingga Ratu sering dititipkan dirumah Raja sambil menunggu dijemput oleh Reon yang kebetulan sering lembur.

Hari-hari berlalu hingga Raja dan Ratu semakin dekat dan akhirnya berpacaran.

Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah elit di Jakarta. Namun ada sisi lain dari sekolah tersebut. Beberapa siswa membentuk suatu kelompok yang disebut kelompok rahasia, dan Ratu adalah salah satu anggotanya setelah diajak oleh kakak kelas dan teman-temannya. Yang menjadi masalah adalah Raja sangat tidak menyukai keberadaan kelompok rahasia tersebut.

Read more

[BOOK REVIEW] Aku, Benci, & Cinta

Judul Buku: A: Aku, Benci, dan Cinta
Penulis: Wulanfadi
Penerbit: Best Media
Jumlah Halaman: 456 Halaman
Cetakan: Pertama, April 2017

 

Entah apa yang ada di pikiran Alvaro dan anggia. Setiap hari di sekolah ada saja yang mereka ributkan seperti kucing dan tikus kalau bertemu. Ditambah lagi alvaro yang seorang ketua osis, didampingi oleh anggia yang menjadi wakil ketua osis. Alhasil keadaan sekolah tidak pernah sepi akibat ulah mereka berdua.

Anggia yang memiliki sifat keras dan jago karate sepertinya sangat membenci alvaro. Begitu juga alvaro, sangat membenci anggia. Nampaknya mereka tidak bisa akur walaupun sebentar.

Hal ini diperparah lagi dengan keputusan seorang guru musik di sekolah. Alvaro yang notabenenya seorang pemain musik harus mengajari anggia yang tidak bisa bermain alat musik sama sekali. Jika tidak dilakukan, akan berdampak pada nilai keduanya. Terpaksa mereka menuruti keinginan guru tersebut.

Read more