[TRIP TO] Curug Cindulang – Mei 2017

Alam Indonesia memang ga ada habisnya untuk di eksplor. Bulan Mei 2017, saya berkesempatan buat kunjungin salah satu air terjun yang sudah ada sejak lama. Curug Cindulang. Angkatan-angkatan baby boomers di Bandung pasti udah tau yang namanya Curug Cindulang yang lokasinya ada di Cicalengka Kabupaten Bandung.

Cicalengka sendiri lokasinya ada di tengah-tengah antara Bandung dan Garut. Perjalanan saya mulai dari Cicalengka (dekat Nagreg) karena kebetulan ada rumah di daerah tersebut. Naik sepeda perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam (ditambah jalan dan istirahat). Ngga begitu jauh memang, cuma tanjakannya itu lumayan bikin paha lemes. Tapi sepadan lah sama pengalaman yang kita dapet disana. Tiket masuknya sebesar Rp5.000,-.

Buat yang penasaran yu langsung aja cek videonya.

 

Catatan Ayah – Semua Tentang Menyatukan Hati

Jeburrrr……..

Seorang anak perempuan dengan semangat melompat kedalam kolam renang di daerah Serpong. Gadis cilik berbaju renang biru tersebut seakan tidak khawatir dengan seberapa dalamnya kolam tersebut. Sambil berteriak seolah ia ingin menunjukkan kepada dunia naju renang yang baru dibelikan ayahnya semalam.

“Ayah, ayo kita main perosotan”. Sang anak mengajak ayahnya yang sedang memasang kacamata renang.

Sang ayah tidak punya pilihan selain mengikuti keinginan putri kecilnya. Rasa sayang yang teramat besar membuat ayahnya tidak berdaya menolak semua keinginan anaknya.

Read more

[BOOK REVIEWS] Bumi Cinta

Judul Buku: Bumi Cinta
Penulis: Habiburrahman El Shirazy
Penerbit: Basmala
Jumlah Halaman: 545 Halaman
Cetakan: Pertama, November 2013

Muhammad Ayyas, seorang pemuda Indonesia yang datang ke Rusia untuk keperluan penelitian. Rusia, sebuah negara yang menjunjung tinggi budaya kebebasan. Akan ada banyak godaan yang dihadapi Ayyas selama di negeri ini.

Sesampainya di bandara Rusia, Ayyas dijemput oleh temannya Devid. Devid juga sudah mencarikan tempat tinggal untuk Ayyas selama di Rusia.

Read more

[TRIP TO] Vietnam – Hari Ketujuh – 18 November 2016

Hari ini jadwalnya jalan ke Ha Long Bay. Dijemput di hotel jam setengah 8 pagi oleh pihak travel dan perjalanan ke Ha Long Bay sekitar 4 jam.

Setibanya di Ha Long Bay, kita naik kapal dan makan siang di kapal. Turun sebentar di kampung nelayan, naik perahu sebentar, lanjut jalan lagi. Selanjutnya kita diajak jalan ke sebuah gua. Kalau guanya sih menurut saya biasa aja. Lebih bagus gua di Indonesia malah. Kalau dibanding gua gong di Pacitan mah kalah. Cuma pemandangan launya memang bagus sih. Mirip Raja Ampat. Tapi airnya butek dan ga bisa dipake berenang. Sayang sekali.

Sampai Hanoi sekitar jam 9 malam, langsung ambil koper dan jalan kearah bandara untuk pindah hotel. Kita udah check out dari Pan Pacific Hanoi dari paginya dan memang pindah hotel ke hotel dekat bandara karena besoknya penerbangan pulang pagi-pagi.

Nama hotelnya Dragon Airport Hotel. Hotelnya cukup bagus kalau cuma untuk transit. Dapet free airport transfrer juga.

Terus, besoknya lanjut pulang deh.

Selamat tinggal Vietnam, semoga bisa berkunjung lagi lain waktu.

« 1 of 6 »

Galeri foto selengkapnya dapat dilihat di galeri.agniluthfi.com.

[TRIP TO] Vietnam – Hari Keenam – 17 November 2016

Acara pelatihan berakhir di hari ini. Rencananya besoknya mau jalan ke Ha Long Bay. Jadi pulang acara kayanya mending istirahat. Tapi kita coba jalan ke tempat yang deket-dekt aja. Kita jalan lagi ke Tran Quoc Pagoda yang sebelumnya udah kita kunjungi di hari pertama tapi belum bisa masuk karena masih ditutup. Siapa tau sekarang pas lagi dibuka.

Eh ternyata bener pas lagi dibuka jadi kita bisa masuk ke area pagodanya.

« 1 of 3 »

Galeri foto selengkapnya dapat dilihat di galeri.agniluthfi.com.

[TRIP TO] Vietnam – Hari Kelima – 16 November 2016

Sulit untuk menemukan makanan halal disini. Banyak daging babi berkeliaran. Bahkan kebab yang dijual disini pake daging babi juga. Jadi selama ini ya makannya KFC aja berharap KFC juga dimasaknya tidak mencampur bahan-bahan yang tidak halal.

Kita coba cari restoran halal di Hanoi. Setelah browsing sana-sini, ketemu sebuah restoran india ga jauh dari pusat kota. Namanya Tandoor. Makanannya memang makanan India kaya kari dan kawan-kawannya. Tapi harganya memang keitung mahal.

Selesai makan kita lanjut jalan ke Water Puppet Show di daerah Hoan Kiem Lake. Harga tiket masuknya 100.000 Dong per orang. Ini semacam teater boneka diatas air. Ceritanya menggambarkan kehidupan masyarakat Vietnam jaman dulu.

« 2 of 2 »

Galeri foto selengkapnya dapat dilihat di galeri.agniluthfi.com.

[TRIP TO] Vietnam – Hari Ketiga – 14 November 2016

Hari ketiga siang hari dihabiskan dengan mengikuti acara pelatihan karena memang acara utama ke Vietnam adalah pelatihan. Dari hotel ke tempat pelatihan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Kalau liat lingkungannya sih ga beda jauh sama Indonesia. Banyak motor dan lalu lintasnya kacau. Hati-hati kalau mau nyeberang. Disini pejalan kaki ga ada harganya. Jadi pejalan kaki harus banyak sabar.

Malamnya, waktunya belanja. Kita belanja di daerah Hoan Kiem Lake yang merupakan pusat kegiatan warga dan turis di Hanoi. Didaerah situ banyak pusat perbelanjaan dari mulai mall mewah sampai sentra belanja pinggir jalan. Banyak jenis dagangan yang dijajakkan disana mulai dari makanan, suvenir, snack-snack khas Vietnam, kopi, dll. Harganya cenderung murah memang. Tapi kita harus berani nawar meskipun pake bahasa tarsan.

Read more