[BOOK REVIEWS] R – Raja, Ratu, & Rahasia

Judul Buku: R (Raja, Ratu, & Rahasia)
Penulis: Wulanfadi
Penerbit: Best Media
Jumlah Halaman: 388 Halaman
Cetakan: Pertama, April 2016

Menceritakan seorang Ratu, maksudnya seorang gadis bernama Ratu yang masih duduk di bangku SMA. Orang tuanya telah meninggal beberapa bulan yang lalu. Saat ini dia hanya tinggal bersama kakaknya bernama Reon.

Salah satu orang yang dekat dengannya adalah Raja, kakak kelasnya yang kebetulan anak pemilik sekolah tersebut. Orang tua Ratu merupakan rekan terdekat dari orang tua Raja sehingga Ratu sering dititipkan dirumah Raja sambil menunggu dijemput oleh Reon yang kebetulan sering lembur.

Hari-hari berlalu hingga Raja dan Ratu semakin dekat dan akhirnya berpacaran.

Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah elit di Jakarta. Namun ada sisi lain dari sekolah tersebut. Beberapa siswa membentuk suatu kelompok yang disebut kelompok rahasia, dan Ratu adalah salah satu anggotanya setelah diajak oleh kakak kelas dan teman-temannya. Yang menjadi masalah adalah Raja sangat tidak menyukai keberadaan kelompok rahasia tersebut.

Ratu menghadiri kumpul perdana kelompok rahasia tersebut bersama teman-temannya. Sebenarnya tidak ada yang aneh dari kegiatan kelompok rahasia tersebut sehingga Ratu merasa aneh kenapa kelompok tersebut disebut kelompok rahasia dan penyebarannya di sekolah dilaksanakan dengan sembunyi-sembunyi. Isinya hanya melakukan kegiatan permainan biasa, yaaa… tidak ada yang aneh.

Hingga suatu saat Raja mengetahui bahwa Ratu menjadi anggota kelompok rahasia tersebut hingga dia marah besar kepada Ratu. Karena galau, Ratu menginformasikan terkait kelompok rahasia kepada orang tua Raja. Orangtua Raja sebagai pemilik sekolah merasa kaget dan kecewa. Kelompok rahasia dulu diprakarsai oleh sepupu Raja dan menjadi media untuk mengedarkan obat terlarang. Hingga akhirnya terbongkar dan kelompok rahasia menjadi aib bagi sekolah tersebut. Itulah sebabnya Raja sangat tidak suka dengan yang namanya kelompok rahasia karena membawa trauma bagi keluarganya.

Tapi kelompok rahasia yang sekarang berbeda, tidak ada obat-obatan didalamnya. Ratu berusaha meyakinkan pemilik sekolah. Orangtua Raja selaku pemilik sekolah menyetujui tapi dengan syarat, yaitu dia sebagai pengawas dan kegiatan pertama kelompok rahasia akan diawasi secara intens. Karena terbukti tidak melakukan hal yang aneh-aneh, kelompok rahasia tetap bisa berjalan dan berganti nama.

Novel ini banyak menceritakan kehidupan sehari-hari Raja dan Ratu di sekolah. Mohon maaf menurut saya cerita di novel ini kurang menarik karena tidak ada klimaksnya. Ceritanya seperti FTV yang hanya menceritakan perjalanan sehari-hari sang tokoh hingga bahagia di akhir cerita.

Secara umum menurut saya nilai buku ini 6/10.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.