[BOOK REVIEWS] Surga Yang Tak Dirindukan

Judul Buku: Surga yang tak Dirindukan
Penulis: Asma Nadia
Penerbit: AsmaNadia Publishing House
Jumlah Halaman: 308
Cetakan: Dua Puluh, Juni 2015

Awal buku menceritakan mengenai kehidupan dua orang wanita yang tidak ada hubungannya satu sama lain. Penulis menceritakan kedua wanita tersebut selang-seling setiap bab.

Wanita pertama, Arini, seorang muslimah cantik mengenakan jilbab, istri dari seorang pria yang bisa dianggap sempurna, Pras. Wanita kedua seorang wanita keturunan Cina yang culun dan tidak gaul bernama Mei Rose. Tapi kalau lihat sampul filmnya, keadaan Mei Rose yang digambarkan di dalam novel kurang sesuai karena Mei Rose diperankan oleh Raline Shah.

Arini merupakan wanita yang kebahagiannya nyaris sempurna. Suami yang tampan, gagah, mapan, dan perhatian selalu setia berada disampingnya. Mereka sudah dikaruniai tiga orang anak.

Sedangkan Mei Rose? Kehidupannya sungguh berbeda. Ia sudah tidak memiliki siapa-siapa lagi. Yang ia miliki hanyalah seorang tante yang galak yang menganggapnya sebagai pembantu. Selama ini Mei Rose tinggal di rumah tantenya tersebut. 

Kehidupan sehari-hari Arini tidak begitu menarik untuk diceritakan karena selama ini hidupnya baik-baik saja sampai suatu kejadian pahit menimpanya. Namun kejadian tersebut akan lebih menarik jika diceritakan dibelakang. Nampaknya saat ini lebih menarik untuk menceritakan kehidupan Mei Rose.

Ditempatnya bekerja, Mei Rose juga tidak memiliki pergaulan yang berarti. Hingga pada suatu hari seorang pria melakukan PDKT dengannya. Tentu saja Mei Rose menerimanya dengan senang hati. Namun lelaki tersebut memiliki niat lain. Lelaki tersebut memperkosanya di kantor hingga ia hamil dan lelaki tersebut tidak mau bertanggung jawab.

Ditengah kegalauannya, Mei Rose bertemu dengan seorang lelaki yang cukup aneh. Ia menjadi dekat dengan lelaki tersebut karena tidak ada lagi lelaki lain yang dekat dengannya. Lelaki tersebut sering melakukan kekerasan pada Mei Rose. Namun lelaki itu meninggalkan Mei Rose setelah mengetahui kehamilan perempuan malang tersebut.

Untuk menutupi kejadian yang menimpa dirinya, Mei Rose mengadakan obral bagi lelaki manapun yang mau menikahi dirinya. Tidak memandang penampilan, harga, pekerjaan, atau lainnya. Yang ia mau hanyalah status agar kejadian yang menimpa dirinya tidak membuat namanya menjadi buruk. Akhirnya ada lelaki yang mendekati dan berjanji untuk menikahinya. Semuanya sudah terencana dengan baik hingga hari pernikahan. Namun lelaki tersebut ternyata memiliki niat lain. Ia kabur membawa seluruh modal nikah yang sudah dikeluarkan oleh Mei Rose.

Ditengah kekecewaan yang sangat mendalam, dan masih menggunakan gaun pengantin, Mei Rose mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi dan berniat untuk bunuh diri. Ia menabrakan mobilnya hingga tak sadarkan diri.

Disinilah kejadian pahit bagi Arini dimulai.

Pras yang saat itu sedang dalam perjalanan menemukan mobil yang dikendarai Mei Rose dalam keadaan terbalik dan keadaan Mei Rose cukup parah. Pras membawanya kerumah sakit.

Singkat cerita, sikap Pras yang lembut menarik perhatian Mei Rose. Akhirnya Mei Rose melahirkan bayinya yang diberi nama Akbar serta hubungan Pras dan Mei Rose berlanjut hingga menikah siri.

Arini mengetahui pernikahan siri tersebut. Ia mendatangi rumah Mei Rose hendak “melabrak” wanita tersebut. Pada saat mereka berdua bertemu dirumah Mei Rose, Pras datang dan tentu saja sangat terkejut. Namun pada saat yang sama Akbar sakit, Pras akhirnya membawa Akbar ke rumah sakit tanpa memperdulikan perasaan Arini. Arini merasa tidak diprioritaskan dan pergi dari rumah tersebut.

Cerita bersambung dan akan dilanjutkan di novel Surga yang tak Dirindukan 2.

Menurut saya cara menulis Asma Nadia cukup unik. Alur ceritanya pada dasarnya mundur, namun ditengah-tengah seperti diputar-putar sehingga pembaca perlu sedikit berpikir untuk merangkai alur cerita. Akhirnya pun masih menggantung dan membuat pembaca penasaran untuk lanjut membaca novel yang kedua.

Kalau menurut saya sih ratingnya bisalah 8 dari 10.

Leave a Comment