[BOOK REVIEWS] Kece Tanpa Kere

Judul Buku: Kece Tanpa Kere
Penulis: Tim PermataBank
Penerbit: Gramedia
Jumlah Halaman: 213
Cetakan: Pertama, 2017

Intinya dari buku ini cuma satu.

“Nggak semua yang kamu beli itu merupakan kebutuhan. Jadi kurangin mulai dari sekarang”.

Pesan yang pertama kali muncul dari buku ini adalah “Apa sih yang bisa bikin kamu bahagia?”. Barang baru yang branded? mobil baru? nongkrong di cafe mahal? Memang ngga bisa kita pungkiri kalau hal-hal kaya gitu bisa bikin kita bahagia. Tapi sampe kapan? Tiap kita punya barang baru pasti tetap merasa ada yang kurang. Dan itu ga ada habis-habisnya. Jadi itu hanya sementara bung…

Buku ini ngasih tips gimana cara mengurangi pos-pos konsumsi yang sebenarnya tidak perlu. Bagi kita pos-pos tersebut mungkin sangat penting karena hal-hal tersebut udah jadi kebiasaan buat kita. Contohnya beli barang-barang branded. Apakah hal itu memang kita perlukan? Atau itu hanya sebuah keinginan. Dan ingat, yang namanya keinginan ngga akan ada habis-habisnya.

Buku ini bukan cuma bacaan. Tapi ada beberapa worksheet didalamnya yang bisa kita isi dan membantu kita dalam mengurangi pos-pos yang sebenarnya tidak perlu tadi. Mmmmmm……, membantu ngga ya, saya juga ngga tau sih karena saya sendiri ngga ngisi worksheetnya. Konten bukunya juga ngga full tulisan, tapi banyak ilustrasi sehingga kita ngga bosan bacanya.

Boleh coba dibaca untuk membuka pikiran kita tentang pengelolaan keuangan pribadi kita selama ini.

Sebenarnya ringkasan dari buku ini ada di bagian akhir buku.

Leave a Comment