[BOOK REVIEWS] Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Judul Buku: Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin
Penulis: Tere Liye
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman: 264

Bercerita mengenai seorang anak perempuan bernama Tania dan adik laki-lakinya bernama Dede. Tania dan Dede merupakan anak yang nasibnya kurang beruntung. Mereka berasal dari keluarga yang cenderung kurang dan mengisi hari-harinya dengan mengamen. Bahkan Tania sempat berhenti sekolah.

Suatu hari, kaki Tania tertusuk paku paying di metromini. Saat itulah seorang sosok yang menurut Tania adalah seorang malaikat muncul. Laki-laki muda bernama Danar. Cukup tampan dan mapan, tiba-tiba masuk ke dalam kehidupan Tania dan Dede.

Sejak saat itu, Danar selalu memberikan perhatian penuh kepada keluarga Tania. Semakin masuk hingga memiliki tempat khusus di hati keluarga Tania. Bahkan Danar yang membantu Tania hingga bisa sekolah ke Singapura.

Perlahan-lahan rasa itu muncul.

Tania mulai merasakan hal lain terhadap Danar. Tania mulai suka sama Danar.

Tapi Tania tidak berani menyatakan rasa tersebut. Hingga Tania sekolah di luar negeri pun Danar tetap seolah tidak menyadari perasaan Tania terhadapnya.

Tania hanya bisa menanyakan apa yang terjadi terhadap Danar melalui adiknya, Dede. Dede tahu semuanya mengenai Danar karena memang Dede tinggal bersama Danar setelah ibu mereka meninggal.

Perasaan tersebut makin tidak karuan setelah Tania tahu bahwa Danar akan menikah. Galau, sedih, kecewa, semua campur aduk jadi satu.

Danar akhirnya jadi menikah dengan seorang wanita. Cerita terus berlanjut hingga berakhir pada pengakuan Tania tentang perasaannya terhadap Danar.

Inti cerita buku ini seperti diatas. Menurut saya tidak ada yang spesial dari jalan cerita di buku ini. Jalan ceritanya sangat simple dan biasa. Hanya alurnya saja yang dibolak-balik dan ditambahkan bumbu-bumbu ditengah cerita.

Tapi secara keseluruhan, menurut saya buku ini kurang menarik. Kalau dari skala 10, buku ini saya kasih nilai 6.

Leave a Comment