Surabaya-Bandung-Surabaya [Kereta Api]

5 September 2014. Kedua kalinya saya pulang ke Bandung dari Surabaya. Tapi sekarang pake kereta. Rupanya saya gagal dapet tiket pesawat murah lagi kaya sebelumnya. Tiket pesawat waktu itu cukup mahal dan bedanya cukup jauh sama tiket kereta. Ongkos kereta bisnis Surabaya-Bandung sekitar Rp 340.000,-. Tapi itu harga weekend. Kalau Senin sampai Kamis harganya sekitar Rp 235.000,-.

Waktu pulang ke Bandung dari Surabaya sama kembali ke Surabaya dari Bandung saya menggunakan kereta yang berbeda. Dari Surabaya ke Bandung saya pake kereta api Harina sedangkan dari Bandung ke Surabaya saya pake kereta api Mutiara Selatan. Saya pake kereta yang berbeda untuk pulang dan pergi karena pertimbangan jadwal.

Perbedaan antara kedua kereta ini adalah dari sisi jadwal, lama perjalanan, dan jalur yang dilewati. Kereta api Harina lewat jalur utara sedangkan Mutiara Selatan lewat jalur selatan, jadi stasiun yang dilewatinya pun berbeda. Harina lewat Cirebon sampai Cikampek. Jadi dari Cikampek sampai ke Bandung keretanya jalan mundur.

Lama perjalanan juga beda. Mutiara Selatan lebih lama dibandingkan dengan Harina. Tapi pengalaman saya kemarin kereta api Harina sampai di Bandung telat sekitar 45 menit sedangkan kereta api Mutiara Selatan tepat sesuai jadwal sampai Surabaya.

jadwalnya bisa dilihat di bawah ini.

Pulang pergi saya pake kereta api bisnis. Cukup nyaman juga. Nanti selama di perjalanan akan ada penyewaan bantal dan selimut. Tarif sewa bantal Rp 5.000,- untuk Mutiara Selatan dan Rp 6.000,- untuk Harina. Untuk selimut kalau ga salah sewanya Rp 8.000,-.

Kalau Harina dia berhentinya di Stasiun Pasar Turi di Surabayanya. Kalau Mutiara Selatan dia berhenti di Stasiun Gubeng. Dari kantor ke Stasiun Pasar Turi pake beca ongkosnya Rp 15.000,-. Dari Stasiun Gubeng ke kantor naik ojek ongkosnya Rp 20.000,-

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.