Srategi Bisnis

Ngga sengaja nemu model strategi bisnis waktu saya buka-buka lagi buku strategi bisnis waktu kuliah. Disebut ngga sengaja karena asalnya saya cuma mau nyari model strategi bisnis di buku tersebut.

Model tersebut menyebutkan ada 3 strategi bisnis yaitu product leadership, operational excellence, dan customer intimacy.

Perusahaan yang punya strategi bisnis product leadership pasti punya produk yang lebih unggul dari kompetitornya. Contohnya pasti semua udah pada tau, ya contohnya adalah perusahaan teknologi apel dengan produknya aipod, aiped, aipon, dan ai-ai lainnya.

Operational excellence artinya operasionalnya sangat bagus. Perusahaan yang punya strategi bisnis ini menonjolkan operasionalnya sebagai competitive advantage nya dibanding kompetitor. Contohnya adalah perakitan mobil. Operasional yang bagus dituntut dalam perakitan mobil secara masal sehingga perakitannya bisa dilakukan secara kontinyu.

Customer intimact, kalau kita artikan per kata, customer artinya kustomer, intimacy artinya intimasi. Jadi arti customer intimacy adalah kedekatan atau keintiman dengan pelanggan. Perusahaan yang punya strategi bisnis ini selalu berusaha untuk membuat pelanggannya loyal kepada perusahaan tersebut. Contohnya adalah perhotelan.

Tapi ingat, suatu perusahaan yang punya strategi bisnis tertentu bukan berarti mengabaikan kedua strategi bisnis lainnya, hanya yang mana yang lebih diutamakan dan ditonjolkan.

Leave a Comment