Soket Lighter Mobil Tidak Hurung/Tidak Jalan/Tidak Menyala

RAD-WIFI-USB-MOBUSBBerawal dari perjalanan saya pulang bersama keluarga dari Tangerang ke Bandung, hati dirundung kegalauan, karena baterai HP habis (lebayyy…). Langsung aja saya ambil charger HP buat di mobil (yang dicolokin di lighter mobil). Kebetulan dulu pernah beli charger HP buat di mobil gitu di warungnya Ceu Mumun. Bentuknya kaya gambar disampin ini nih.

Tapi tanpa sadar mulut saya mulut saya bilang “Aduh teu hurung euy“. Sontak perempuan yang duduk di sebelah saya ikut teriak juga. “Apaaaaaa???”, (Jeng Jeng Jeng).

Yah, diatas itu intro aja. Intinya adalah soket lighter mobil teu hurung aja. Aduh kumaha yeuh

Browsing sana sini, cari sana sini, banyak yang bahas juga ternyata. Masalah umum yang biasanya jadi penyebab ga nyalanya lighter di mobil katanya sih karena sekring nya putus. Kalau kata yang lain sih sekring lighter itu biasanya 15 Ampere warna biru. Kalau di Avanza atau Xenia katanya tulisannya “Cig”. Cari-cari lagi gimana cara gantinya. Perasaan di mobil-mobil sebelumnya ganti sekring mah gampil da (Jiga nu boga mobil sabaraha wae, padahal mah hiji ge can lunas).

Akhirnya saya memutuskan untuk nekad. Jam 6 pagi saya bawa senter, saya cari-cari tempat sekring-sekring itu nongkrong. Kata orang-orang sih biasanya di bawah dashboard. Diliat-liat naha teu kapanggih euy. Karena bosen nyari bari jeung teu kapanggih, saya ngambil CD Audio di laci sebelah kiri dashboard biar sambil denger musik. Eh keliatan banyak sekring berjejer. Tapi naha ga ada yang 15 Ampere warna biru ya?

Oia, kalau yang belum tau daritadi saya bahas panjang lebar, mobilnya Daihatsu Ayla Tipe X Matic.

Aduh galau lagi…

Nyari lagi, saya buka kap mesin. Eh ternyata ketemu kotak gitu tulisannya fuse & relay. Posisinya deket aki. Bukan aki-aki tapi (halah).

Dibuka, Dijilat, Dicelupin. Ternyata ada tulisan “Cig” dengan ukuran 15 Ampere di balik tutup box. Saya cabut sekring warna biru tersebut pake penjepit yang ada di tutup box dan bener aja, putus mang. Untung ada cadangannya di tutup box nya. Ganti aja.

Jpeg

Pas dicoba, wow, hurung mang

Leave a Comment