[APPLICATION] Web Based Photo Album

Terinspirasi dari banyaknya foto-foto di laptop yang kayanya bagus kalau disimpen di blog, saya nyari-nyari program buat bikin album foto online. Sebenernya banyak sih yang menyediakan software untuk membuat album foto online secara instan, tapi setelah saya coba semua ko kayanya belum nemu yang bener-bener sesuai dengan keinginan saya. Akhirnya saya putusin mau bikin sendiri aja sekalian iseng-iseng dan latihan biar ilmu pemrograman web nya ga lupa. Akhirnya jadilah Web Based Photo Album. Screenshotnya seperti yang bisa dilihat disamping dan dibawah ini. Contohnya silakan klik disini.

Cara pakenya gampang, setelah download filenya, extract terus liat file-file didalemnya. Pertama liat dulu file bg.jpg dan folder images.

File bg.jpg merupakan gambar yang mau kita jadiin background. Tinggal cari aja gambar yang mau dijadiin background terus rename jadi bg.jpg dan copy kedalem folder aplikasi ini. Kalau bisa pilih gambar yang resolusinya gede karena kan yang mengakses mungkin resolusi layarnya beda-beda. Jadi biar tampilannya bagus disemua layar pengakses.

Sekarang kita masuk ke folder images. Di dalem folder inilah kita menyimpan semua gambar yang mau kita tampilkan di album foto online ini. Untuk masing-masing gambar kita buat 2 buah, yang satu ukuran biasa yang mau kita tampilkan ditempat foto utama (ditengah), yang satu lagi yang kecil yang akan kita tempatkan sebagai thumbnail (gambar kecil-kecil dibawah gambar utama dan di halaman pertama saat mengakses aplikasi ini). Nama filenya pun harus berurtan dari no 1 sampai x. Untuk gambar yang kecilnya tambahkan “-small” tanpa tanda petik dibelakang nama filenya. Ini contohnya.

Ukuran gambarnya silakan aja disesuaikan dengan selera.

Selanjutnya buka file index.php menggunakan text editor dan ubah yang dikotak-kotakin merah ini.

Web Based Photo Album bisa diubah sesuai dengan judul albumnya. Untuk tanggalnya juga bisa diubah.

Buka juga file index2.php menggunakan text editor terus ubah juga judul album yang ada di dalem tag <title></title>.

Selesai, sekarang tinggal upload semua yang ada didalem folder aplikasi album online tersebut ke web server.

Silakan download filenya disini.

Leave a Comment