People & Organizations

Manusia merupakan makhluk yang sangat kompleks, bahkan lebih kompleks dari makhluk yang kata teori evolusi meruapakan nenek moyang kita, “monyet”. Saya merasa sangat yakin kaalu kita sebagai manusia lebih kompleks daripada monyet. Tapi nggak tau kalau monyet yang nulis artikel ini mungkin dia akan bilang kalau monyet lebih kompleks daripada manusia. 🙂

Saya bisa bilang kalau manusia merupakan makhluk yang paling kompleks karena kita punya sifat yang berbeda dan unuk. Suatu perusahaan/organisasi pasti memiliki karyawan/anggota dengan sifat yang berbeda pula. Tidak mungkin suatu perusahaan/organisasi memiliki karyawan/anggota dengan sifat yang sama. Selanjutnya dalam artikel ini saya akan menyebutkan perusahaan sebagai organisasi juga.

Organisasi yang baik adalah organisasi yang dapat mengelola semua anggota dengan keunikan sifatnya masing-masing. Katanya sih memanage orang itu paling susah, tapi ada juga yang bilang gampang-gampang susah. Makanya itu ilmu tentang mengelola manusia berkembang pesat akhir-akhir ini mulai dari personnel management, human resource management, dan human capital management. Saya akan menjelaskan mengenai perbedaan ketiga jenis istilah ini di artikel lain.

Organisasi itu sendiri menurut om James D. Mooney adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama. Ada 3 jenis organisasi yaitu.

Sifat-sifat organisasi merepresentasikan sifat-sifat anggotanya. Jadi anggota merupakan aset terpenting dari suatu organisasi. Organisasi pun memiliki dampak yang sangat besar terhadap kehidupan suatu negara. Disinilah pentingnya pengelolaan manusia. Praktik keanggotaan yang baik akan berdampak baik pada sifat dan output organisasi dan akan berdampak baik juga pada kehidupan sekitar organisasi tersebut. Praktik pengelolaan manusia pun berkembang dari mulai guiding => directing => motivating => shaping people.

Seperti yang saya bilang sebelumnya, manusia merupakan aset paling berharga dari suatu organisasi. Tapi apa jadinya jika anggota organisasi tersebut keluar dan membawa ilmu dan pengalamannya ke kompetitor? Maka itulah harus ada sesuatu yang membuat ikatan antara organisasi dan anggotanya lebih efektif.

Leave a Comment